Kamis, 08 Desember 2011

Fungsi Al-Qur’an Dalam Kehidupan

 
Alqur’an diturunkan oleh Allah swt merupakan adalah untuk kepentingan  manusia, membimbing manusia ke jalanyang lurus ,  yang benar dan jalan yg diberkahi bukan jalan orang yang dimurkai.Alqur’an sebagai pedoman hidup bagi manusia agar manusia mau menjalani hidup ini dengan aturan -aturan yang diberikan Allah bukan aturan – aturan yang dibuat berdasarkan hawa nafsu manusia. Allah berfirman dalam surat Ibrahim ayat 1 dan  surat Al Baqarah ayat 185.

ãöky­ tb$ŸÒtBu üÏ%©!$# tAÌRé& ÏmŠÏù ãb#uäöà)ø9$# Wèd Ĩ$¨Y=Ïj9 ;M»oYÉit/ur z`ÏiB 3yßgø9$# Èb$s%öàÿø9$#ur 4 `yJsù yÍky­ ãNä3YÏB tök¤9$# çmôJÝÁuŠù=sù ( `tBur tb$Ÿ2 $³ÒƒÍsD ÷rr& 4n?tã 9xÿy ×o£Ïèsù ô`ÏiB BQ$­ƒr& tyzé& 3 ߃̍ムª!$# ãNà6Î/ tó¡ãŠø9$# Ÿwur ߃̍ムãNà6Î/ uŽô£ãèø9$# (#qè=ÏJò6çGÏ9ur no£Ïèø9$# (#rçŽÉi9x6çGÏ9ur ©!$# 4n?tã $tB öNä31yyd öNà6¯=yès9ur šcrãä3ô±n@ ÇÊÑÎÈ
185.  (beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, Maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

Yang dapat diambil kesimpulan bahwa fungsi Al qur’an adalah sebagai berikut;
1.      Al qur’an sebagai petunjuk bagi manusia ; maksudnya menjadi bimbingan dan pimpinan pada  umat manusia degan jalan memberi kecerdasan dan ilmu pengetahuan , mencari kebenaran . Dan dengan ilmu pengetahuan itu kita dapat mencari kebenaran.
2.      Al qur’an sebagai sumber  informasi yang jelas   ; maksudnya memberikan informasi – informasi , keterangan – keterangan , dalil -dalil , penjelasan secara terperenci tentang makna bimbingan itu . Diantaranya batas – batas yang ditentukan oleh Allah , kewajiban yang diperintahkan oleh Allah , kisah – kisah yang terjadi pada masa lampau supaya kita dapat mengambil informasi yang kebenarannya mutlak atau tidak diragukan lagi.
3.      Alqur’an sebagai pembeda antara yang hak dengan bathil ; maksudnya sebagai pembeda yang benar dengan yang salah.

Yang harus kita pahami , bahwa Al qur’an bukan hanya surat Yasin saja , tetapi Al qur’an itu terdiri dar 6236 ayat , 114 surat dan 30 Juz. Tidak ada tuntunan kita untuk hanya mempelajari atau membaca surat yasin saja, tetapi bacalah Al qur;an secara keseluruhan.

Fungsi Al-Qur’an
1.      Pengganti kedudukan kitab suci sebelumnya yang pernah diturunkan Allah SWT
2.      Tuntunan serta hukum untuk menempuh kehidupan
3.      Menjelaskan masalah-masalah yang pernah diperselisihkan oleh umat terdahulu
4.      Sebagai Obat

ãAÍit\çRur z`ÏB Èb#uäöà)ø9$# $tB uqèd Öä!$xÿÏ© ×puH÷quur tûüÏZÏB÷sßJù=Ïj9   Ÿwur ߃Ìtƒ tûüÏJÎ=»©à9$# žwÎ) #Y$|¡yz ÇÑËÈ
Dan Kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi obat dan rahmat bagi orang-orang yang beriman, dan (Alquran itu) tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian”. (Al-Isra' (17): 82).

Petunjuk pada jalan yang lurus

¨bÎ) #x»yd tb#uäöà)ø9$# Ïöku ÓÉL¯=Ï9 šÏf ãPuqø%r& çŽÅe³u;ãƒur tûüÏZÏB÷sßJø9$# tûïÏ%©!$# tbqè=yJ÷ètƒ ÏM»ysÎ=»¢Á9$# ¨br& öNçlm; #\ô_r& #ZŽÎ6x. ÇÒÈ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman